Kamis, 26 Mei 2011

Legenda Putri Tidur (Bukit Klotok 529 mdpl)

Posted by Unknown on 03.03


Bila kita berkunjung ke Kota Kediri, Jawa Timur, pastilah kita akan melihat sebuah bukit di sebelah barat.  bukit itu bernama Bukit Klotok. Bukit dengan ketinggiann 529mdpl ini menyimpan banyak sekali misteri dan legenda yg belum terpecahkan sampai sekarang. Salah satunya adalah Legenda Putri Tidur. Putri yang dimaksud adalah Dewi Sekartaji, yaitu putri kediri yang terkenal akan kecantikkannya sehingga banyak sekali para raja berebut untuk medapatkannya.  Sampai – sampai raja dari Ponorogo-pun ikut merebutkannya.


Untuk mendaki puncak Bukit Klotok hanya membutuhkan waktu sekitar 1 – 2 jam saja. Di bukit ini ada dua puncak. Puncak sebelah selatan disebut Watu Bengkah dan puncak disebelah utara, sekaligus puncak tertinggi disebut Puncak Klop. Di puncak Klop terdapat gubuk kecil sehingga ketika siang, kita bisa berteduh dan tidak akan kepanasa. Dari atas bukit, disebelah selatan kita bisa meliahat Kota Tulungagung, di sebelah  utara ada Kota Nganjuk. Disebelah timur, kita bisa meliaht Gunung Kelud. Tidak hanya itu saja, dari situpun kita bisa meliahat indahnyan kota kota Kediri dari timur sampai barat, dari selatan sampai utara. Kota yang terbelah oleh Sungai Brantas ini, sungai terpanjang di Jawa Timur, sangatlah indah bila dilihat pada malam hari karena dihiasi oleh gemerlapnya lampu – lampu kota.



Didepan bukit ini terdapat objek wisata Gua Selomangleng. Selo berarti Gua dan Mangleng berarti Batu. Sesuai dengan namanya,  Selomangleng adalah gua yang terbuat dari batu.  Gua ini terbagi tiga bagian. Bagian kiri atau selatan adalah tempat untuk bertapa dan gelap sekali, tengah untuk bersantai dan sebelah kanan atau utara adalah tempat untuk sembahyang. Jika kita berkunjung di gua ini pasti;ah kita akan mecium harumnya dupa. Pada dinding gua Selomangleng, banyak sekali ornamen dan lukisan tentang kisah can cerita Kota Kediri.
Makam Boncolono beserta kedua muridnya

Didepan Gua Selomangleng terdapat bukit kecil yang biasa disebut dengan Bukit Maskumambang. Pada puncak bukit ini terdapat Makam boncolono yaitu orang pertama yang membabat Kota Kediri. Disebelah kanan kaki Bukit Maskumambang, terdapat Musium Airlangga. Musium ini menyimpan banayk sekali arca dan artefak yang berkaitan dengan Kerajaan kediri. Biasanya tempat ini ramai dikumjungi pada saat liburan.

Bila kita melihat gugusan bukit ini (Bukit Klotok dan Maskumambang) dari jauh atau lebih tepatnya didepan kantor pos Kota Kediri, maka kita akan melihatnya seperti wajah yang menghadap kelangit. Jidatnya berada di utara dan dagunya berada di sebelah selatan. Ini berbanding terbalik ketika kita berada di puncak Bukit Klotok dan melihat gunung Kelud yang berada di sebelah timur Kota Kediri, jidatnya berada di selatan dan dagunya berada di utara.
Musium Airlangga

Ini adalah salah satu legenda yang berada di Kota Kediri  yang menjadi sebuah misteri dan legenda. Anda penasaran dan ingin menikmati keindahan Putri Tidur? Datanglah dan buktikan di Kota Tahu ini.


Gunung Klotok's sun rise



7 comments:

lha trus critane putri tidur endi to mas???????????????

wah critanya simpang Siur.

tp yg aku tau critanya Salah satunya adalah Legenda Putri Tidur. Putri yang dimaksud adalah Dewi Sekartaji, yaitu putri kediri yang terkenal akan kecantikkannya sehingga banyak sekali para raja berebut untuk medapatkannya. Sampai – sampai raja dari Ponorogo-pun ikut merebutkannya.

Boncolono bukannya hidup di zaman belanda mas masa yg peetama babat kota kediri yg umurnya dah.lebih dr seribu tahun itu.
Selo bukanya batu dan magleng artinya kamar.....

Benar mas. terima Kasih atas Infonya

Selomangleng itu tempat e dewi kili suci bukan sekar taji, boncolono itu ada jaman belanda alias maling gentiri robin hood dari kediri

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site