Kamis, 17 Maret 2011

Gua Ngerong, Tuban

Posted by Unknown on 19.26

Bagi Anda yang suka berwisata, tempat yang satu ini jangan terlewatkan. Gua Ngerong salah satu tempat wisata yang berada di Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban ini selain menawarkan keindahan serta adanya sumbermata air yang keluar dari dalam gua. Gua Ngerong sesuai namanya adalah lubang dgn panjang 1.8 km. Potensi nya bisa mencapai 30 km.Gua ini adalah gua air, yg harus diarungi dgn perahu karet. Pada kedalaman 1000 meter ditemui air terjun didalam gua.

Adanya ikan Tawes serta kura-kura raksasa yang menghuni kolam juga menjadi daya tarik tersendiri karena hingga saat ini masih menyimpan mitos yang belum terkuak.
“Ikan dan kura-kura yang menghuni kolam tersebut merupakan jelmaan bidadari dan Senopati Kerajaan Gumenggeng yang dikutuk Dewa karena membuat kesalahan,” kata Siswihariadi, salah seorang Sesepuh Desa Rengel.
Mitos lainnya yang tak kalah menarik dari Gua Ngerong adalah adanya larangan bagi pengunjung untuk menangkap dan membawa pulang ikan maupun bulus yang bebas berkeliaran. Karena apabila masyarakat tidak mengindahkan larangan tersebut, diyakini akan mendapat celaka seusai pulang dari lokasi wisata yang berada di daerah pegunungan kapur tersebut. Anehnya, meski sudah hidup puluhan tahun, ikan maupun kura-kura tersebut sampai kini masih hidup dan berkembang biak semakin banyak. Selain itu, kedua binatang tersebut hanya memakan klenteng biji kapas, roti maupun ketela yang diberikan para pengunjung. Sumber mata air yang keluar dari dalam gua selain sebagai daya tarik bagi wisatawan, juga dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari seperti memasak, mandi dan mencuci.
Terdapat kalelawar yg hidup sampai kedalaman 700 meter. Jutaan kalelawar terlihat spektakular saat beriring keluar pada jam 5 sore. Juga didapati Ikan Bader Bang (Puntius Javanicus), ikan yg dimitoskan sebagai keramat. barang siapa memakan atau membawa pulang, akan dijangkiti penyakit yg tak kunjung sembuh. Alhasil ada ribuan ekor ikan bader dgn ukuran sebesar paha yg bebas berenang hilir mudik tanpa ada yg berani menganggu.
Mitos lainnya barang siapa masuk gua maka dia harus keluar 12 jam berikutnya. Kedua mitos ini membantu gua dan hewan2nya tetap lestari sampai saat ini.Hewan lainnya adalah kura2 putih dgn diamater 1 meter. Juga ikan tanpa mata -buta (khas hewan gua), yg mulai didapati di kedalaman 1000 meter.  
 
Semangat Pak Kus ! ! ! ! !





Sebagian Keluarga Besar YABI ! ! ! !











0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site