Kamis, 17 Maret 2011

Gua Embultuk, Blitar

Posted by Unknown on 19.43

Gua Embultuk merupakan sebuah gua alam yang didalamnya penuh dengan stalagmit dan stalaktit. Gua Embultuk terletak di desa Tumpakkepuh, kecamatan Bakung, arah selatan kota Blitar dengan jarak sekitar 40 km. Panjang gua ini sekitar 1500 meter sedang luas dan tingginya sekitar 3 meter. Sepanjang kurang lebih 1,5 km, pesona stalagmit akan membuat anda merasa betah dengan suasana yang mengesankan, suara gemericik air bawah tanah menambah kesan alami. Pengunjung harus memakai lampu petromak dan pakaian ganti.

Gua Embultuk merupakan satu-satunya gua di Blitar yang menyajikan keunikan stalagmitnya pada para pengunjung. Wisata gua ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak turis, terutama pada liburan sekolah, dan jalan menuju gua ini pun telah direnovasi sehingga dapat dilalui kendaraan roda empat.

Gua ini merupakan gua sungai bawah tanah, sehingga, setiap pengunjung yg ingin memasuki gua ini disarankan untuk menggunakan pelampung karena rata - rata air didalam gua lebih dari 1 meter. Bahkan ada yg mencapai 1 meter lebih.

 Didam Gua ini terdapat stalagmit yg sangat besar dan lebar. Ada sekitar 4 buah stalagmit yg besar dan lebar, jika dipukul akan mengeluarkan bunyi - bunyian. Masyarakat sekitar menyebutnya Batu Gong karena suaranya menyerupai Gong.

0 comments:

Posting Komentar

  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin

Search Site